MacTrica

MACTRICA Jus Herbal Adaptogen Kuat Berkhasiat | Order : 082130077000 - BBM : 550D2DCF

Terungkap Bahaya Hisap Rokok Elektrik

Terungkap Bahaya Hisap Rokok Elektrik
ROKOK elektrik adalah inhaler berbasis tenaga listrik baterai yang mengandung nikotin. Dimana WHO menyebut sebagai sistem pengiriman elektronik nikotin.
Pada awalnya rokok elektrik dipasarkan sebagai alternatif pengganti rokok tembakau dengan mekanisme kerja sebagai alat penyemprot dan menguap cairan nikotin dalam cartridge.
Cairan nikotin ini, awalnya diakui aman, karena hanya mengandung nikotin, propilen glikol, penyedap (untuk mensimulasikan rasa tembakau), air, serta tanpa tar berbahaya dan aditif kimia beracun.
Pada 2009, Food and Drug Association (FDA) mensponsori penelitian untuk mengevaluasi rokok elektrik. Mereka menemukan bahwa rokok elektrik masih mengandung Tobacco Specific Nitrosamines (TSNA) dan Diethylene Glycol (DEG) yang dikebal sebagai racun dan karsinogen (zat pemicu kanker).
Studi terbaru yang membandingkan beberapa rokok elektrik mencatat bahwa beberapa 'e-cigarette' merek tertentu meningkatkan secara signifikan kadar karbon monoksida di dalam plasma darah dan tingkat denyut jantung penggunanya.
"Memang rokok elektrik ini pernah digunakan sebagai alat bantu program berhenti merokok, dengan cara mengurangi kadar nikotin secara bertahap. Namun, FDA dan Electronic Cigarette Association (ECA) sudah tidak menganjurkan rokok elektrik lagi," tulis Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan kepada Okezone, yang ditulis pada Sabtu (1/11/2014). Data-data yang tersedia saat ini, menunjukkan bahwa rokok elektrik belum terbukti sebagai alternatif yang aman.
"Studi lebih lanjut untuk mengevaluasi dampak kesehatan dari rokok elektronik pada penggunaan jangka panjang masih diperlukan," tulisnya lagi.
Tembakau merupakan salah satu isu global yang sedang marak dibicarakan dan digalakan dalam rangka memerangi rokok. Merokok tidak hanya merugikan pengguna tetapi juga lingkungan sekitarnya.
Studi menunjukkan bahwa asap rokok yang dihembuskan mengandung nikotin 4-6 kali daripada yang dihirup oleh pengguna, itulah mengapa merokok juga membahayakan bagi orang-orang di sekitar, atau perokok pasif.
Saat ini WHO sedang memerangi epidemi tembakau dengan berbagai strategi, salah satunya adalah dengan menggalakan upaya berhenti merokok. Selain melalui teknik konseling juga dilakukan dengan menggunakan terapi pengganti nikotin atau Nicotine Replacement Therapy (NRT), seperti permen karet, tablet hisap, sediaan tempel kulit, inhaler, dan semprot hidung.
( OKZONE )
0 Komentar untuk "Terungkap Bahaya Hisap Rokok Elektrik"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info